ad

Breaking News
recent

JANGAN KETAGIHAN!!! ES CAMPUR ENAK ALA BLOGGER


Dari gambarnya saja udah sangat menggiurkan apalagi dimakan...beh enak yummmy...eits tunggu dulu mungkin makan adalah hal yang mudah tetapi kalau membuatnya hayoo?jawabannya mudah..

Es campur merupakan salah satu minuman es khas Indonesia yang mana cukup mudah untuk dibuat bahkan ditemukan di pinggir jalan atau di dalam restoran, es campur bisa menjadi minuman pencuci mulut yang tepat disaat cuaca sedang panas-panasnya.
Es campur diolah dengan memakai berbagai jenis buah-buahan yang kemudian dicampurkan dengan sirup manis. Buah-buahan untuk es campur bisa apa saja, entah itu buah manis atau buah yang masam tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.
Es campur bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan bahan dan rasa yang cukup berbeda, maka dari itu, tidaklah mudah untuk menentukan asal usul dari es campur. Karena membuat es campur tidaklah sulit, maka simaklah resep es campur di bawah ini dan buatlah sendiri es campur di rumah.

Resep Es Campur Enak dan Spesial


Resep ini didapatkan dari femina dan dinamakan dengan nama yang cukup unik, jika diperhatikan dengan seksama, semua bahannya cukup mudah untuk didapatkan, baik di pasar tradisional maupun di supermarket.
Bahan:
o 700 ml santan yang kental atau setara dengan satu butir kelapa yang telah diparut
o 300 ml susu kental manis rasa vanilla
o 200 gram manisan kolang kaling berwarna merah yang telah diiris tipis atau dibelah menjadi dua empat bagian kecil
o 200 gram tapai singkong yang telah dihilangkan serat-seratnya dan dipotong berbentuk dadu
o 200 gram cincau hitam yang telah dipotong kecil berbentuk dadu
o 75 gram buah nangka matang yang telah dibuang bijinya dan dipotong kecil berbentuk dadu
o Es batu yang telah diserut
o Dan enam sendok makan sirop merah atau sirop coco pandan
Resep es campur untuk bahan tebak:
o Sediakan 75 gram tepung beras
o Sediakan juga 25 gram tepung sagu aren
o Satu sendok makan air kapur sirih
o Dan 300 ml air panas

Cara Membuat Es Campur

1. Tebak: Langkah pertama untuk membuat es campur tebak adalah dengan membuat tebak itu sendiri, untuk membuat tebak, Anda harus mencampurkan tepung beras dengan tepung sagu aren serta air kapur sirih yang kemudian diaduk hingga adonan merata dan menjadi lebih licin.
2. Tuang adonan tebak kedalam sebuah kantung semprot dengan spuit yang polos
3. Lanjutkan dengan merebus air hingga air mendidih dan cetak adonan tebak lalu masukkan kedalam air sampai adonan terbentuk seperti menyerupai mi
4. Diamkan adonan tebak sampai matang baru kemudian diangkat dan rendam segera adonan tebak di dalam air yang dingin lalu tiriskan.
5. Campur santan dengan susu kental manis sambil diaduk hingga tercampur merata dan jerang dengan menggunakan api yang kecil lalu aduk kembali dengan perlahan-lahan sampai mendidih baru kemudian angkat dan dinginkan
6. Setelah semua bahan matang, siapkan beberapa mangkuk (sesuaikan saja dengan kebutuhan keluarga) mangkuk saji lalu susunlah dengan baik, manisan kolang kaling berwarna merah, cincau hitam, buah nangka mata sera tebak di dalam mangkuk.
7. Tambahkan larutan susu serta sirop dan es batu ke atasnya dan es campur tebak pun siap untuk dihidangkan untuk segera dinikmat bersama anggota keluarga lainnya.



tovan kamil

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.