ad

Breaking News
recent

TIPS WISATA DISAAT ANDA PUASA


Bulan Ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi, banyak dari kita ketika berpuasa hanya melakukan aktifitas dan kegiatan di dalam rumah saja, takut bepergian atau sekedar liburan atau refresing untuk menenangkan pikiran, karena khawatir akan menguras banyak energi. Sehingga seringkali bosan atau jenuh melanda, dan akibatnya kita kurang bersemangat dalam menjalankan aktifitas kita.

Solusi terbaik untuk membuat pikiran kita tetap fresh dan terhindar dari kejenuhan serta kebosanan adalah melakukan aktifitas liburan di saat bulan puasa. Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisa bepergian liburan tanpa merasa lelah di saat bulan puasa :

1. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan gizi yang tinggi saat sahur


Dimulai dari pada saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina kamu selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi, kamu tetap sehat bugar mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan untuk dikunjungi selama liburan.

2. Memilih tempat liburan di dalam ruangan


Melakukan aktifitas liburan di saat kita berpuasa bisa tetap kita lakukan, dengan catatan kita memilih tempat wisata yang berada di dalam ruangan, tempat wisata seperti ini seperti museum, kamu bisa melakukan segala aktifitas ringan dan bisa leluasa beristirahat disela-sela aktifitas kamu, ini akan membuat tubuh kamu tidak cepat lelah.
Baca Ini Deh =>  Takut Uangmu Habis Saat Liburan? Supaya Gak Pingsan Karena Kekurangan Uang, Simak 11 Tips Ini

3. Persiapkan dirimu jauh-jauh hari. Mengetahui informasi seputar destinasimu itu penting


Buatlah daftar agenda sebelum kamu berangkat liburan. Jauh sebelum itu, kamu harus tahu semua hal tentang destinasi yang akan kamu tuju. Tujuannya adalah agar kamu tidak kuwalahan dan repot sendiri ketika sudah sampai di tempat tujuanmu. Apalagi pas badan lemes karena puasa.

4. Kurangi bepergian pada siang hari


Di saat kita sedang berpuasa dan kemudian melakukan aktifitas di luar ruangan terutama dalam kondisi matahari yang terik, dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi dan cepat lemah. Usahakan untuk selalu bepergian di pagi hari hingga menjelang seperempat siang atau sekitar jam 10 an pagi. Selepas jam tersebut biasanya matahari akan semakin terik dan tentunya akan menguras energi dan tenaga kita.
5. Bawa Perlengkapan Ibadah

Tentunya hal ini sangat penting. Agar kamu bisa tetap lancar beribadah di destinasi tujuan, selalu siapkan dan bawa peralatan ibadah di dalam tas Traveler. Traveler bisa membawa Al-Qur’an berukuran saku dan peralatan shalat (mukenah atau sarung).

6. Jangan terlalu banyak memilih destinasi


Meski puasa tidak menghentikan traveling, ini bukan berarti aktivitas yang dilakukan sama persis ketika tidak puasa. Kamu tetap harus membatasi, salah satunya dengan mengurangi jumlah destinasi yang dikunjungi. Kalau ketika tidak puasa, kamu mendatangi 4 tempat, ketika puasa batasi hanya sampai 2 tempat saja. Tujuannya agar tidak banyak tenaga yang dikeluarkan dan puasa tetap terjaga.
Baca Ini Deh =>  8 Tips Dan Trik Mengambil Foto Half Underwater

7. Buatlah dirimu nyaman dengan barang bawaan efektif dan efisien


Nah, salah satu hal yang biasanya terlupakan, tanpa kamu sadari, dan itu merepotkan adalah packing. Packing yang asal-asalan akan membuatmu repot dan menguras energimu. Usahakanlah untuk packing barang yang sewajarnya saja, dan tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan dalam perjalananmu. Jangan nyusahin diri sendirilah.

8. Beristirahat yang Cukup


Sebelum melakukan aktifitas dan kegiatan liburan pada saat puasa, ada baiknya kamu memastikan diri untuk beristirahat dengan baik dan cukup. Karena hal ini membantu daya tahan tubuh kamu, ketika kamu bangun tubuh akan merasa lebih segar, fresh dan ringan sehingga siap untuk melakukan aktifitas liburan di saat puasa.

9. Pilih kegiatan wisata yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan


Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki nilai religi. Kamu juga bisa mengikuti kegiatan Ramadhan yang ada di tempat tujuan wisata. Jadi, kamu bisa berlibur sambil menambah pengetahuan mengenai Agama Islam.
10. Berbuka puasalah dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu

Untuk menggantikan energi yang telah terbuang selama seharian di perjalanan. Beribadah dan beristirahatlah sejenak sebelum kamu kembali melakukan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya.

Setelah menyimak tips traveling saat bulan Ramadan, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tak pergi ke mana-mana. Selamat menjalankan ibadah puasa.
tovan kamil

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.